Senin, 20 Maret 2017

BAGIAN UTAMA GINJAL DAN FUNGSINYA

BAGIAN UTAMA GINJAL DAN FUNGSINYA

 

          Ginjal merupakan alat penyaring darah yang bentuknya seperti kacang.Ginjal pada manusia terdiri atas 2 buah,meskipun pada dasarnya manusia hanya perlu satu buah ginjal untuk keperluan sehari-hari.Pada umumnya ginjal memiliki ukuran sekitar 11 cm×6 cm×3 cm dan memiliki berat antara 120-170 gram.

Bagian Utama Ginjal Dan Fungsinya

1.Korteks
   Yang pertama adalah korteks,bagian terluar pada ginjal yang terletak antara kapsul ginjal dan juga medula ginjal.Fungsi korteks adalah sebagai tempat filtrasi dan ultrafiltrasi.

2.Medula
   Bagian utama ginjal selanjutnya adalah medula atau sumsum ginjal yang bentuknya seperti piramid.Bagian utama medula sendiri adalah terdiri dari 8-12 piramida renalis,yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa hasil filtrasi dari tubulus kolektivus ke kaliks.

3.Pelvis Renalis
   Yang terakhir pelvis renalis atau rongga ginjal,yaitu bagian atas ureter yang melebar.Pelvis sendiri adalah tempat penampungan urine ke kandung kemih atau vesika urinaria melalui saluran ureter.Dan di dalam kandung kemih,urin disimpan sementara waktu sebelum akhirnya dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar