Senin, 20 Maret 2017

Hubungan Antara Kulit Dan Ginjal

  Hubungan Antara Kulit Dan Ginjal

          Ginjal adalah alat ekskresi pada manusia yang mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme tubuh dalam bentuk urine.Urine mengandung air,urea,garam-garam mineral terutama garam dapur(NaCl),zat warna empedu dan zat-zat berlebihan dalam darah seperti hormon dan vitamin.
          Kulit adalah alat ekskresi pada manusia yang mengeluarkan zat-zat sisa merabolisme tubuh berupa keringat.Keringat tersusun dari air dan garam-garam mineral terutama garam dapur(NaCl) yang merupakan hasil metabolisme protein.
            Hubungan antara kulit dan ginjal dalam mengatur proses pengeluaran air dari dalam tubuh yaitu pada saat cuaca panas, pembuluh darah di sekitar kulit akan mengembang yang menyebabkan pori-pori kulit ikut mengembang. Hal ini akan menyebabkan keringat keluar melalui pori-pori. Dengan begitu ginjal yang tugasnya mengeluarkan urin,  digantikan oleh kulit yang mengeluarkan keringat (tentu saja komposisi keringat dan urin berbeda). Sebaliknya pada saat cuaca dingin, pembuluh darah akan menyusut sehingga keringat yang seharusnya dikeluarkan oleh kulit, digantikan oleh pengeluaran urin oleh ginjal. Hal ini menyebabkan kita selalu ingin buang air kecil pada saat cuaca dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar