Rabu, 15 Maret 2017

Cara Menjaga Kesehatan Hati

                                  Cara Menjaga Kesehatan Hati      




  1. Menghindari Minuman yang Mengandung Alkohol
Waspadalah jika Anda seorang pecandu minuman yang mengandung alkohol. Kenapa? Karena mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati Anda. Alkohol dapat merusak sel-sel hati serta dapat mengakibatkan timbulnya pembengkakan atau jaringan parut (sirosis) yang bisa berujung pada kematian. Selain itu, zat kimia tersebut juga dapat mengakibatkan organ hati Anda bekerja lebih keras untuk menyaring zat-zat berbahaya dalam tubuh. Untuk itu, sebaiknya Anda membatasi maupun menghindari konsumsi minuman tersebut.  Selain itu waspadai semua gejala sirosis hati.
  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat
Menurut Direktur medis untuk program transplantasi hati di sebuah Rumah Sakit Umum di daerah Massachusetts yang bernama Ray Chung, MD menyatakan bahwa untuk menjaga organ hati agar tetap sehat bisa dilakukan dengan konsumsi makanan yang sehat dan menjalankan gaya hidup yang sehat. Makan setidaknya berbagai jenis sayuran hijau setiap hari tentu akan menjadi langkah yang baik untuk organ hati. Hal ini disebabkan karena sayuran terutama yang berdaun hijau memiliki kandungan folat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan anggota tubuh, khususnya hati. Selain itu, folat juga sangat membantu dalam mempersingkat waktu pemulihan bagi mereka yang menderita gangguan hepatitis. Jadi sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat super tinggi.
  1. Olahraga Secara Teratur
Dengan melakukan latihan fisik seperti berolahraga secara teratur akan sangat membantu Anda dalam menjaga berat badan normal. Selain itu olahraga juga bisa membantu menghindarkan Anda terkena gangguan organ hati yang mengarak pada sirosis.Olahraga yang membakar kalori super banyak bisa dilakukan untuk Anda yang memiliki masalah dengan berat badan. Sebenarnya ada banyak manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Anda bisa melakukan renang, lari, jalan kaki, bersepeda atau bahkan memilih olahraga yang menurunkan berat badan super cepat. Tapi perhatikan untuk tidak terkena bahaya mandi setelah olahraga untuk kesehatan.
  1. Lebih Selektif dalam Memilih Obat-Obatan
Beberapa jenis obat-obatan yang sebenarnya bertujuan untuk mengobati penyakit yang Anda derita justru dapat membahayakan organ dalam Anda yaitu hati. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda terlalu banyak obat kimia atau herbal tertentu dalam jangka panjang. Sebagai contoh apabila Anda mengkonsumsi obat penurun kolesterol dan penghilang rasa sakit seperti acetaminophen secara berlebihan, maka akan dapat berdampak menyakiti hati Anda. Untuk itu, akan lebih baik apabila Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas medis tentang bagaimana cara yang tepat mengkonsumsi obat yang harus Anda minum.
  1. Vaksinasi
Pemberian vaksinasi juga akan sangat membantu menghindarkan Anda dari berbagai penyakit gangguan hati seperti hepatitis. Kita tahu bahwa hepatitis merupakan salah satu penyakit menular yang bisa kita dapatkan melalui makanan maupun minuman yang terkena virus yang nantinya virus tersebut dapat menyebar keseluruh tubuh melalui darah maupun cairan tubuh. Untuk itu, jika Anda ingin bepergian ke suatu daerah yang terjangkit wabah virus hepatitis, maka sebaiknya Anda meminta vaksinasi guna mencegah penyebaran virus pada diri Anda. (baca juga : penyebab hepatitis kronis)
  1. Hindari Kontak dengan Sumber Racun
Langkah selanjutnya adalah dengan selalu berusaha menghindari kontak langsung dengan beberapa zat yang mengandung racun. Beberapa produk seperti produk pembersih, produk aerosol, insektisida, zat aditif pada makanan. Bahkan efek bahaya nikotin rokok juga bisa mempengaruhi kesehatan organ hati jangka panjang. Terbisa menjalani gaya hidup yang sehat berarti juga akan melindungi hati Anda.
  1. Waspada Produk Suplemen Makanan dan Herbal
Beberapa produk herbal dan suplemen makanan yang saat ini telah banyak beredar dipasaran ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan organ hati Anda. Bahkan produk-produk tersebut juga bisa berdampak pada terjadinya kerusakan organ yang vital itu. Menurut Ray Chung, MD, seorang Direktur medis untuk program transplantasi hati di sebuah Rumah Sakit Umum di daerah Massachusetts menyatakan bahwa belum ada bukti bahwa produk-produk tersebut dapat membantu mempromosikan kesehatan organ hati. Justru resiko penyakit hati bisa muncul dalam jangka panjang penggunaan.
  1. Mengatur Pola Makan
Ketika seseorang mangkonsumsi makanan yang berlebihan atau makan makanan olahan yang digoreng atau yang banyak mengandung lemak dapat mengakibatkan berlebihnya beban kerja hati. Hal nii mengakibatkan organ tersebut tidak dapat menyaring racun-racun maupun lemak dalam tubuh secara efisien. Untuk itu, ada baiknya jika Anda mulai memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, baik itu porsi maupun jenis pengolahannya. Misalnya saja Anda bisa menerapkan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk setiap hari.
  1. Menghindari Stress dan Polusi
Kehidupan di era modern ini justru banyak sekali menimbulkan beberapa dampak bagi kesehatan seperti timbulnya stress maupun ancaman terkena paparan polusi.
Kedua hal tersebut juga sangat berpengaruh pada kinerja organ hati Anda, dimana organ tersebut akan mengalami kelebihan beban pada saat menyaring racun-racun yang hinggap dalam tubuh Anda. (baca juga : cara mengatasi stress super ampuh)
10.Menjaga Kebersihan Diri
Ini merupakan cara yang ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya organ hati. Biasakan diri Anda atau anak-anak untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Dengan kegiatan tersebut maka resiko penyebaran virus yang menyebabkan penyakit hati seperti hepatitis akan mengecil. Namun perhatikan juga untuk melakukan cara mencuci tangan yang benar dan steril.
11.Penuhi Kebutuhan Vitamin
Mengkonsumsi beberapa jenis vitamin seperti vitamin B dan juga vitamin C merupakan langkah yang tepat dalam upaya menjaga kesehatan organ hati. Menurut Vincen Zanoni dari University of Michigan Medical School menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C dosis serendah 500 mg setiap hari dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan lemak serta sirosis pada hati. Selain vitamin C, ternyata vitamin B terutama B-12 juga memegang peranan yang cukup penting terhadap kesehatan hati. vitamin tersebut dapat membantu mempercepat proses pemulihan bagi mereka yang terkena penyakit kuning, anoreksi, serta bilirubin serum. Dengan kata lain kedua jenis vitamin tersebut dapat membantu dalam upaya melindungi serta menjaga kesehatan hati Anda.
12.Mengkonsumsi Makanan Pembersih Hati
Beberapa jenis bahan makanan telah dipercaya memiliki kandungan zat-zat yang mampu membantu untuk membersihkan organ hati Anda. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu cara untuk menjaga agara hati Anda selalu sehat dan prima. Beberapa makanan tersebut antara lain adalah bawang putih, wortel, apel, bit, alpukat, sayuran berdaun hijau, minyak zaitun, biji-bijian, lemon, kunyit, asparagus, kale, kubis, kenari, dan masih banyak lagi.
13.Terapi pijat
Terapi pijat menjadi alternatif lain dalam upaya menjaga kesehatan organ hati Anda. Dengan teknik ini akan dapat membantu kelancaran sirkulasi darah ke dalam organ tersebut, yang nantinya akan membuat hati Anda dapat bekerja secara optimal. Namun pastikan Anda juga melakukan pijat untuk kesehatan hati hanya di ahli yang benar-benar memahami metode pijat tersebut.
14.Mencari Informasi tentang Kesehatan Hati
Hal yang tak kalah penting adalah dengan Anda rajin mencari informasi tentang kesehatan dan bagaimana cara menjaga kesehatan organ hati Anda di buku maupun sumber-sumber lainnya. Akan lebih baik jika Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau tenaga medis lainnya. Hati merupakan pusat detoksifikasi kimia yang terbesar bagi tubuh. Hal itu menunjukkan bahwa hati memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan kita. Untuk itu, sudah sepantasnyalah jika kita harus selalu menjaga kesehatan organ tersebut.
Jadi ternyata memelihara kesehatan hati tidak sulit bukan? Berbagai cara alami ini bisa dilakukan oleh semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar