Kamis, 16 Maret 2017

Gangguan pada hati

Gangguan dan Penyakit yang terdapat pada Hati





 Berikut ini adalah jenis jenis gangguan ataupun penyakit pada hati.


 

1. Hepatitis

Hepatitis merupakan radang hati yang disebabkan oleh virus. Virus hepatitis ada beberapa masam, misalnya virus hepatitis A dan hepatitis B. hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis B lebih berbahaya dari pada hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis A.


2. Hemokromatosis

Merupakan penyakit yang mengganggu metabolisme zat besi sehingga tubuh akan kelebihan cadangan besi terutama di dalam hati, dapat disebabkan oleh penyakit thalasemia, sideroblastic anemia, dan alkohol kronis.


3. Sirosis

Sirosis hati merupakan puncak dari penyakit hati yang kronis dan menyebabkan guratan pada hati sehingga hati menjadi tidak berfungsi. Keadaan tersebut dapatmengakibatkan berbagai macam komplikasi termasuk akumulasi cairan dalam perut, ketidak normalan pendarahan, dan meningkatkan tekanan pembuluh darah hati.

4. Tumor dan Kanker Hati

Beberapa tipe tumor hati yang jinak antara lain hemangioma, hepatic adenomas, dan focal nodular hyperplasia. selain itu juga terdapat jenis tumor yang berbahaya (kanker) seperti hepatocellular carcinoma.

5. Penyakit Kuning

Penyakit kuning disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu yang mengakibatkan cairan empedu tidak dapat dialirkan ke dalam usus 12 jari, sehingga masuk kedalam darah dan warna darah berubah menjadi kuning. Kulit penderita tampak pucat kekuningan. Bagian putih bola mata juga berwarna kekuningan, dan kuku jaripun berwarna kuning. Hal ini terjadi karena di seluruh tubuh terdapat pembuluh darah yang mengangkut darah berwarna kekuningan karena bercampur dengan cairan empedu.

6. Penyakit Wilson

Penyakit wilson merupakan penyakit keturunan dengan kadar zat lemaga dalam tubuh berlebihan, sehingga menyebabkan penyakit hati dan kerusakan pada sistem saraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar