Senin, 20 Maret 2017

BAGIAN-BAGIAN KULIT

BAGIAN-BAGIAN KULIT
  
     


          Kulit adalah lapisan jaringan yang terdapat di permukaan tubuh.Pada permukaan kulit terdapat kelenjar keringat yang mengekskresikan zat-zat sisa.

Bagian-Bagian Pada kulit Dan fungsinya

        Kulit manusia terbagi menjadi tiga bagian,yaitu kulit ari(epidermis),kulit jangat(dermis),dan jaringan ikat bawah kulit.

1.KULIT ARI
   Kulit ari adalah kulit yang paling luar dan sangat tipis sekali.Kulit ari terdiri atas dua lapis,yaitu lapisan tanduk dan lapisan malpighi.

a.Lapisan Tanduk.
   Lapisan tanduk yaitu lapisan kulit ari yang paling luar dan merupakan lapisan mati sehingga mudah mengelupas,dan tidak memiliki inti.

b.Lapisan Malpighi
   Lapisan malpighi merupakan kulit ari yang berada di bawah lapisan kulit tanduk.Lapisan ini tersusun dari sel-sel hidup yang selalu membelah diri.

Di permukaan kulit ari terdapat pori-pori yang merupakan muara kelenjar minyak dan ditumbuhi oleh rambut,kecuali kulit ari yang ada di telapak tangan dan kaki tidak ditumbuhi rambut.Kulit ari pada telapak tangan dan kaki terdiri atas empat lapis yaitu:
a.stratum korneum
b.stratum granulosum
c.stratum lusidum
d.stratum germinalis

2.KULIT JANGAT
   Kulit jangat atau dermis merupakan lapisan kedua dari kulit.Dermis lebih tebal daripada epidermis.Dermis mempunyai serabut elastik yang memungkinkan kulit merenggang saat orang bertambah gemuk,dan kulit bergelambir pada saat orang bertambah kurus.
Lapisan-lapisan dalam dermis:

a.Pembuluh Kapiler,berfungsi untuk menyampaikan nutrisi pada akar rambut dan sel kulit
b.Kelenjar Keringat(glandula sebaceae),berfungsi untuk menghasilkan minyak rambut.
c.Kumpulan Saraf Rasa Nyeri,saraf rasa panas,saraf rasa dingin,dan saraf sentuhan.

3.JARINGAN IKAT
   Jaringan ikat bawah kulit berada di bawah dermis.Pada lapisan kulit ini terdapat lemak.Lapisan lemak berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap benturan,menahan panas tubuh,dan sebagai sumber energi cadangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar