Senin, 20 Maret 2017

Bagian-Bagian Pada Paru-Paru

BAGIAN-BAGIAN PADA PARU-PARU.



        Paru-paru adalah organ yang berfungsi sebagai alat pernapasan.Organ ini sangat vital karena makhluk hidup tidak dapat hidup tanpa oksigen.

BAGIAN-BAGIAN PADA PARU-PARU

1.Bronkus
   Bronkus adalah batang tenggaorokan yang menghubungkan paru-paru kiri,paru-paru kanan,dan trakea.Bronkus tersusun atas tulang rawan,lapisan mukosa dan otot polos.Tulang rawan berfungsi sebagai rangka btonkus,lapisan mukosa menghasilkan lendir untuk menjebak partikel asing yang akan memasuki paru-paru dan otot polos membuat kita dapat bernapas secara otomatis tanpa disadari.

2.Bronkiolus
   Bronkiolus adalah cabang dari bronkus yang bermuara me alveolus.Struktur bronkiolus tidak memiliki tulang rawan,memiliki silia,dan di bagian ujung terdiri dari jaringan epitelum berbentuk kubus bersilia

3.Alveolus
   Alveolus adalah tempat melakukan pertukaran oksigen dan karbon dioksida secara difusi.Di alveolus darah akan melepaskan karbon dioksida ke udara dan mengambil oksigen dari udara.

4.Pleura
   Pleura adalah selaput yang melapisi paru-paru.Fungsi pleura adalah untuk mengurangi gesekan saat paru-paru mengembang atau mengempit.

5.Diafragma
   Diafragma adalah otot berserat yang menjadi pembatas antara rongga dada dan rongga perut.Diafragma tersusun atas otot,pembuluh darah,dan saraf yang disebut saraf frenikus.

6.Trakea(tenggorokan)
   Trakea adalah tabung dengan panjang sekitar 5 inci yang menghubungkan laring dengan bronkus.Fungsi trakea adalah sebagai saluran pernapasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar